DPP HMPI: Hari Santri adalah Simbol Perjuangan Hegemonik Masyarakat Pesantren

SEMARANG,  titahtimur – Puncak Hari Santri Nasional yang diselenggarakan di Simpang Lima Semarang ternyata ikut dihadiri oleh DPP Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, yang diwakili oleh Fadhly Azhar, Kabid Keagamaan DPP HMPI.

Fadhly Azhar, yang juga merupakan alumnus Pesantren Darussalam di Mlarak, mengatakan bahwa Hari Santri Nasional adalah simbol perjuangan hegemonik Santri dalam kemerdekaan dan pembangunan bangsa. Perjuangan hegemonik ini dalam masyarakat pesantren, setidaknya perlu menjadi susbstansi yang emansipatorik di sekitar lingkungannya.

Fadhly juga mengatakan bahwa, Santri dalam hal ini perlu meneguhkan komitmen Kebangsaan dan komitmen Kearifan Lokal di tengah-tengah masyarakat. Santri menjadi jembatan populisme substansial yang progresif dalam pembangunan bangsa .

Dalam hal ini, lanjut Fadhly, Kaum Intelektual perlu membuat banyak riset dimana Santri merupakan bukti yang paling realistis bahwa masyarakat itu ada hadir berkontribusi dalam pembangunan. kebangsaan melalui Pesantren.

Terakhir, Fadhly mengingatkan bahwa kita bahwa bangsa ini tidak akan ada bila bukan karena para pahlawan seperti misalnya Tan Malaka sebagai santri yang khatam dan bahkan hapal Al-Qur’an di masa kecilnya di Suliki, Lima Puluh Kota. RA Kartini, yang secara tidak langsung menjadi santriwati Kyai Haji Sholeh Darat dalam Sejarah. Pendiri NU dan Muhammadiyah, walaupun berbeda ormas merupakan satu garis pendidikan keagamaan dimana Kyai Haji Sholeh Darat menjadi Patronnya. progressifnya. Belum lagi, Soekarno yang merupakan juga santri Kyai Haji Omar Said Tjokroaminoto.

‌Maka, tidak ada alasan bahwa Santri tidak punya peran apa-apa dalam bangsa ini. Santri punya peran lebih bahkan berkontribusi penting dalam kemerdekaan dan pembangunan karya kebangsaan itu sendiri, Tegas Fadhly.

Sumber: https://www.titahtimur.com/2017/10/22/dpp-hmpi-hari-santri-adalah-simbol-perjuangan-hegemonik-masyarakat-pesantren-dalam-kemerdekaan-dan-pembangunan-bangsa/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *