PERTEMUAN DPP HMPI DENGAN MENKOPOLHUKAM RI “HMPI LAKUKAN PENGUATAN KEBHINEKAAN”

 

DPP Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) bertemu dengan “Menkopolhukam” Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H. Pertemuan ini guna mengundang dirinya menjadi Keynote Speaker dalam kegiatan Rakornas, Seminar, dan Lokakarya di Yogyakarta pada 16 – 18 Maret 2017 mendatang. Wiranto mengapresiasi kegiatan ini, dan menyampaikan bahwa ternyata masih ada organisasi kemahasiswaan yang concern, prihatin terhadap intoleransi dan radikalisasi yang terjadi, serta menjunjung tinggi Kebhinekaan.

Wiranto juga memastikan kehadirannya untuk bergabung dalam semarak Kebhinekaan jajaran mahasiswa pascasarjana seluruh Indonesia, sekaligus berkunjung ke kampung halamannya, di Yogyakarta. Dalam kesempatan yang sama, Ketua umum DPP HMPI Andi Fajar Asti, S.Pd., M.Pd., M.Sc., juga menambahkan dirinya prihatin dengan situasi kebangsaan yang terkait dengan bangkitnya gerakan intoleransi dan radikalisasi. Menurutnya, hal ini tentu butuh keseriusan seluruh pihak dan lapisan masyarakat untuk terlibat menjadi bagian dari solusi atas problem kebangsaan ini.

Hal senada disampaikan ketua panitia, Fadhly Azhar, S.E.I., M.Hum. bahwa selain agama, radikalisme juga sudah “menjangkiti” aliran-aliran sosial, politik, budaya, dan ekonomi. Demi menjaga keutuhan bangsa, masalah ini harus dipecahkan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa. Selain itu, dalam menangkal ideologi radikalisme harus dilakukan gerakan deredikalisasi melalui penguatan dan revitalisasi implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi dalam kehidupan bernegara. Atas dasar inilah DPP HMPI bekerjasama dengan IKMP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta Kemenko Polhukam akan melakukan Rakornas, Seminar, dan Lokakarya, dengan tema “Politik Internasional dan Radikalisasi Sektarian Agama; Dampaknya Terhadap Progresivitas Kebhinekaan”. Sehingga dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan nantinya akan tercipta nalar kritis untuk melihat persoalan radikalisasi agama dan progresivitas pemikiran agama untuk membangun NKRI yang berbhineka.

(20/01/17) RNI – Infokom DPP HMPI

 

1 thought on “PERTEMUAN DPP HMPI DENGAN MENKOPOLHUKAM RI “HMPI LAKUKAN PENGUATAN KEBHINEKAAN””

Leave a Reply